Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger

Dlingo seolah menjadi primadona wisata bantul, pasalnya daerah yang sebagian besar merupakan daerah pegunungan tersebut kini memiliki banyak spot wisata.
Semenjak kemunculan Bukit Panguk, memang banyak spot spot wisata baru yang bermunculan. Sebut saja Hutan Pinus Asri, Hutan Pinus Nganjir, Bukit Mojo, Watu Goyang, Jurang tembelan, Hutan Pinus Mangunan, Seribu Batu Songgo Langit, dan yang terakhir paling ngehits minggu ini adalah Hutan pinus Pengger.

Lokasi Hutan Pinus Pengger ini berada di bagian paling utara, tepatnya berbatasan dengan wilayah Kecamatan pathuk Gunung Kidul meski demikian masih masuk dalam wilayah Kecamatan Dlingo.
Sebenarnya, Hutan Pinus pengger ini bukanlah wisata baru di Bantul, karena sudah muncul bersamaan dengan populernya Hutan Pinus Imogiri dua tahun terakhir. Namun yang baru adalah spot foto selfienya.

Pengelola Hutan Pinus Pengger ini termasuk yang rajin dan kreatif dalam menciptakan spot spot selfie. Awalnya spot foto di Hutan pinus Pengger ini terbuilang mainstream dengan gardu pandang di pohon pinus dan jembatan pohon.
Namun belakangan Hutan Pinus Pengger ini ngehits dengan Spot Foto Rumah Piramid (rumah ala Indian) dengan lubang di tengah yang bisa dimasuki pengunjung. Dari situ bisa melihat Jogja dari ketinggian, lengkap dengan kemerlip lampu kota. tak heran jika tempat ini direkomendasikan sebagai wisata malam jogja yang lagi ngehits.

Selain spot rumah Indian, ada spot baru di Hutan Pinus Pengger berupa Tangan raksasa. Yaitu spot gardu pandang yang dibentuk menyerupai tangan raksasa.
Pengunjung bisa berfto di atasnya. Jika malam tiba, di ujung jari jari tangan Raksasa Hutan Pinus Pengger itu juga terdapat lampu yang bisa menyorot ke arah sentris membuat efek foto yang sangat apik.
Di bagian belakang, background berupa pegunungan, berpadu dengan dataran rendah Kota Jogja dengan kemerlip lampunya. Sangat indah.

Di lokasi Hutan Pinus Pengger ini, pengunjung juga bisa menikmati indahnya sunset sore hari yang Full tanpa ada halangan. Ada juga Goa macan, Goa Lempeng, dan Watu Ngadek yang menjadi daya tarik lain.
Hutan Pinus ini menawarkan spot selfie yang sangat ciamik. Selain gardu pandang berbentuk tangan Manusia raksasa, saat malam tiba, pengunjung juga bisa melihat kerlap kerlip lampu kota yang menghiasi lanskap kota Jogja. Sangat romantis dan artistik.


Lokasi Hutan Pinus Pengger
Objek wisata dengan spot selfie baru di Hutan Pinus ini terletak di kawasan reservasi HUtan Pinus milik Perhutani. Tepatnya berada di Dusun Sendangsari desa Terong Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Letaknya sekitar 4 km dari Pathuk Gunungkidul. Alamat GPS Hutan Pinus Pengger adalah -7.871198,110.459253. Atau untuk lebih jelasnya bisa melihat google Maps.

Rute Menuju Hutan Pinus Pengger Dlingo
Untuk menuju ke Hutan Pinus Pengger dari arah Kota Jogja berjarak sekitar 25 km atau 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Rute yang dapat diambil sebagai berikut ;
Kota Jogja langsung ambil arah Timur ke jalan Wonosari – lanjut ke Bukit Bintang – hingga sampai puncak pathuki Gunung Kidul (GCD) kemudian ada perempatan ambil arah kanan atau arah Dlingo. dari situ sekitar 4-5 km hingga melewati Wisata Watu Amben masih lurus hingga menemukan Plang penunjuk Hutan Pinus Pengger di sebelah kanan jalan.

Harga Tiket Hutan pinus Pengger
Untuk menikmati spot baru di Hutan Pinus Pengger berupa tangan raksasa, pengunjung cukup membayar biaya Rp. 2000 dan biaya parkir  sebesar Rp. 2000/motor serta rp. 5000/mobil. Sedangkan untuk spot selfienya pengunjung membayar seiklasnya. Fasilitas di Hutan Pinus Pengger ini cukup lengkap mulai dari Toilet, Mushola, bangku, rest area, dan juga gazebo.